Selasa, 08 Desember 2015

Rencana Bouwplank



Dalam sebuah proyek, seringkali kita dengar istilah bouwplank. Pekerjaan bouwplank biasanya dilakukan pada saat awal proyek. Sebenarnya apa sih yang dinamakan dengan bouwplank?

Bouwplank adalah patok kayu sementara yang dibuat untuk meletakkan titik-titik As bangunan sesuai dengan gambar denah bangunan yang direncanakan. Bouwplank digunakan untuk memastikan peletakan ukuran-ukuran rumah atau bangunan yang hendak didirikan. Bouwplank juga berfungsi sebagai dasar ukuran tinggi/level/peil penentuan ketinggian lantai dalam rumah dengan permukaan jalan.
Bouwplank bisa dibuat dari bahan yang sangat sederhana sekali yaitu papan kayu kualitas rendah atau kelas C, karena hanya digunakan untuk sementara saja dan tidak butuh daya kekuatan yang begitu besar. Dan selain papan kayu, pembuatan bowplank juga membutuhkan kayu lain namun berbentuk panjang.

Kayu yang satu ini dipakai sebagai tiang pancang yang diletakkan pada bagian pojok.Sedangkan papan kayu digunakan sebagai alat untuk membuat garis bantu. Pembuatan garis bantu ini pada umumnya memakai benang kenor yang warnanya putih dengan tujuan agar dapat mencolok dan bisa terlihat dengan jelas serta kontras
Adapun syarat-syarat memasang bouwplank yang benar adalah sebagai berikut :
  1. Kedudukannya harus kuat dan tidak mudah goyah.
  2. Berjarak cukup dari rencana galian, diusahakan bouwplank tidak goyang akibat pelaksanaan galian.
  3. Terdapat titik atau dibuat tanda-tanda.
  4. Sisi atas bouwplank harus terletak satu bidang (horizontal) dengan papan bouwplank lainnya.
  5. Letak kedudukan bouwplank harus seragam (menghadap kedalam bangunan semua).
  6. Garis benang bouwplank merupakan as (garis tengah) daripada pondasi dan dinding batu bata.

1 komentar:

  1. Sonic 3 T-Shirt Review - The Tetris Trilogy
    This iconic ford fiesta titanium retro titanium hair straightener gaming headset features Sonic 3 T-Shirt's new Sonic 3T-Shirt design as titanium wheels part of the Sonic 3 mens black titanium wedding bands prototype. The design is quite  Rating: titanium astroneer 4 · ‎Review by TheTetrisReview

    BalasHapus